Minggu, 02 Juni 2013

Keutamaan Basmalah






Banyak sekali keutamaan2 membaca Bismillahirrahmanirahim, itu seperti terdapat dalam kitabnya Syekh Imam Nawawi Al-Bantani yang berjudul Tanqihul Qaulil Hatsits bi Syarhi Lubabil Hadits Lil Imami Asy-Syuyuthi.

{الباب الثالث: في فضيلة بسم الله الرحمن الرحيم}
Bab III : Dalam menjelaskan tentang Keutamaan Bismillahirrahmanirrahim

عن عطاء عن جابر بن عبد الله قال: لما نزل بسم الله الرحمن الرحيم هرب الغيم إلى المشرق، وسكنت الرياح، وهاج البحر، وأصغت البهائم بآذانها، ورجمت الشياطين من السماء، وحلف الله عز وجل بعزته لا يسمى اسمه على سقم إلا شفاه، ولا يسمى اسمه على شيء إلا بارك فيه، ومن قرأ بسم الله الرحمن الرحيم دخل الجنة، ذكره سيدي الشيخ عبد القادر الجيلاني.

di ceritakan oleh Imam Atho' dari Imam Jabir bin Abdillah, beliau berkata : " Ketika Allah menurunkan ' Bismillahirrahmanirrahim ' mendung berlarian ke arah timur, Anginpun berhent bertiup, Lautpun bergolak, hewan hewan menegakkan telinganya, Setan di lemparkan dari langit, dan Allah Azza Wa Jalla bersumpah " tidak akan di sebut Nama-Nya atas orang sakit kecuali dia akan di sembuhkan, tidak akan di sebut nama-Nya pada sesuatu kecuali di berkahi, dan siapapun membaca Bismillahirrahmanirrahim akan masuk sorga, sebagaimana di tuturkan oleh Sayyidi Syekh Abdul Qodir Al-Jailany.

(وقال صلى الله عليه وسلم: مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ إلاَّ ذَابَ الشَّيْطَانُ كَما يَذُوبُ الرَّصَاصُ) بفتح الراء. (عَلَى النَّارِ) قال ابن مسعود شيطان المؤمن مهزول. وقال قيس بن الحجاج قال لي شيطاني دخلت فيك وأنا مثل الجزور، وأنا الآن مثل العصفور قلت: ولم ذلك؟ قال: تذيبني بذكر الله تعالى.

Rosululloh SAW bersabda : " tiada seorang hambapun yang mengucapkan Bismillahirahmanirrahim kecuali setan itu akan hancur meleleh sebagaimana melelehnya timah ketika dibakar Api ". Ibnu Mas'ud mengatakan bahwa setannya orang Mukmin itu kurus kering, berbeda dengan setannya orang kafir. Imam Qoys ibnu Hajjaj berkata " Setanku mengatakan padaku , dulu aku memasukimu sebesar Onta, dan sekarang aku sekecil burung parkit, aku bertanya kenapa begitu ?, setanku menjawab : ' engkau menghancurkaknku dengan dzikir pada Allah.

(وقال صلى الله عليه وسلم: ما مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ إلاَّ أمَرَ الله تَعَالى الكِرَامَ) أي على الله تعالى (الكاتِبينَ) أي أعمال الناس (أن يَكْتُبُوا في دِيوَانِهِ) أي صحائفه (أرْبَعْمَائَةِ حَسَنَةٍ. وقالَ صلى الله عليه وسلم: مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمانِ الرَّحِيمِ مَرَّةً لَمْ يَبْقَ مِنْ ذُنُوبِهِ) أي الصغائر (ذَرَّةٌ) وذكر أن بشرا الحافي رأى رقعة فيها بسم الله الرحمن الرحيم وكان معه ثلاثة دراهم فأخذ بها طيبا وطيبها، فنودي في سره كما طيبت اسمنا لنطيبن اسمك

Rosulullah SAW bersabda :' tiada seorang hamba pun yang mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim kecuali Allah SWT memerintahkan Malaikat Kiraman katibin ( malaikat yang mulia di sisi Allah, yang mencatat amal perbuatan manusia ) supaya mencatatkan di buku catatannya 400 kebajikan. Rosulullah SAW bersabda : ' barangsiapa mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim sekali saja, maka tiada tersisa secuilpun dari dosa-dosanya, ( maksudnya adalah dosa dosa kecil/ sogho'ir .)
di ceritakan bahwa Bisyri Al-Hafy menemukan lembaran kertas yang ada tulisannya " Bismillahirrahmanirrahim ", dan dia punya uang 3 dirham dibelikannya minyak wangi untuk meminyaki lembaran itu supaya harum baunya , dan dia merasakan dalam batinnya ada yang berkata ' sebagaimana engkau mengharumkan Namaku/Asmaku, maka akupun akan mengharumkan Namamu.

(وقال صلى الله عليه وسلم: مَنْ كَتَبَ بِسْمِ الله فَجَوَّدَ تَعْظِيما لله غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ). وفي رواية للخطيب البغدادي وابن عساكر عن زيد بن ثابت إذا كتبت بسم الله الرحمن الرحيم فبين السين فيه، أي إذا أردت كتابة ذلك فأظهر السين ووضح سننها إجلالاً لاسم الله تعالى

Rosulullah SAW bersabda : ' barangsiapa menuliskan " Bismillah " dan dia menuliskannya dengan sebagusnya ( tulisannya di buat sebagus mungkin ) dengan niatan mengagungkan Allah SWT, maka Orang tersebut akan di ampunkan dosa-dosa terdahulunya dan dosa dosa yang akan datang. Dalam riwayat yang di ceritakan oleh Imam Al-Khotib Al-baghdady dan Ibnu Asyakir dari Zaid bin Tsabit di ceritakan bahwa ' ketika engkau menuliskan Bismillahirrahmanirrahim maka perjelaslah huruf sinnya dengan niatan mengagungkan Asmanya Allah Subhanahu Wata'ala.

(وقال صلى الله عليه وسلم إذَا كَتَبَ أحَدُكُمْ بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ) أي إذا أراد أن يكتبها (فَلْيَمُدَّ الرَّحْمانَ) أي حروفه بأن يمد اللام والميم ويجوف النون ويتأنق، أي يحسن في ذلك رواه الخطيب والديلمي عن أنس بن مالك.

Rosulullah SAW bersabda : ' ketika kalian menuliskan Bismillahirrahmanirrahim maka panjangkanlah tulisan Arrahman ( Huruf Arrahman itu dengan memanjangkan Lam dan Mimnya dan membaguskan penulisannnya ). sebagaimana keterangan yang diriwayatkan oleh Imam Al-Khotib dab Dailamy dari Imam Anas bin Malik.

(وقَالَ صلى الله عليه وسلم إنَّ الله سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى زَيَّنَ السَّمَاءَ بِالكَوَاكِبِ) وهي الشمس والقمر والنجوم (وَزَيَّنَ المَلائِكَةَ بِجِبْرِيلَ) فهو نقيب الملائكة (وَزَيَّنَ الجَنَّةَ بِالحُورِ وَالقُصُورِ ، وَزَيَّنَ الأنْبِيَاءَ بِمُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم، وَزَيَّنَ الأيّامَ بِيَوْمِ الجُمُعَةِ، وَزَيَّنَ اللَّيَالِي بِلَيْلَةِ القَدْرِ، وَزَيَّنَ الشُّهُورَ بِشَهْرِ رَمَضَانَ، وَزَيَّنَ المساجدَ بالكَعْبَةِ، وَزَيَّنَ الكُتُبَ بِالقُرْآنِ، وَزَيَّنَ القُرْآنَ بِبِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ) هذه عشرة أشياء مزينة بعشرة أشياء.

Rosulullah SAW bersabda : ' Sesungguhnya Allah SWT menghiasi langit dengan matahari, rembulan dan bintang bintang, dan menghiasi golongan Malaikat dengan Jibril, dan menghiasi Sorga dengan para Bidadari dan bangunan yang menjulang, dan menghiasi para Nabi dengan Nabi Muhammad SAW, dan menghiasi hari dengan hari Jum'at, dan menghiasi malam dengan malam Lailatul Qodar, dan menghiasi bulan dengan Bulan Ramadhan, dan menghiasi Masjid dengan Ka'bah, dan menghiasi Kitab kitab para Nabi dengan Al-Qur'an, dan menghiasi Al-Qur'an dengan Bismillahirrahmanirrahim, ( dan inilah 10 hal yang di hiasi dengan 10 hal pula)

(وقال صلى الله عليه وسلم: مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ كُتِبَ اسْمُهُ مِنَ الأبْرَارِ) أي الصادقين (وَبرِىءَ مِنَ الكُفْرِ والنفاقِ). وعن أبي وائل عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال: من أراد أن ينجيه الله من الزبانية التسعة عشر فليقل بسم الله الرحمن الرحيم، فإنها تسعة عشر حرفا ليجعل الله تعالى كل حرف منها جنة من واحد منهم.

Rosulullah SAW bersabda : ' barang siapa mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim maka namanya terbukukan sebagai orang yang berbuat baik ( abror / orang yang membenarkan/menyatakan keimanannya ) dan orang itu terbebas pula dari sifat sifat kufur dan munafik.
dan diceritakan dari Abi Wa'il dari Abdillah bin Mas'ud RA mengatakan " barang siapa yang ingin terbebaskan dari 19 Malaikat Zabaniyyah ( penjaga kerak Neraka ) maka hendaknya dia membaca Bismillahirrahmanirrahim, karena Bismillahirrahmanirrahim itu terdiri dari 19 huruf, dengan harapan Allah akan menjadikan setiap satu huruf sebagai perlindungan dari setiap satu dari 19 Zabaniyyah itu.

(وقال صلى الله عليه وسلم: مِنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ غَفَرَ الله لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ) والمراد الصغائر (وقال صلى الله عليه وسلم: إذا قُمْتُمْ) أي من المجلس أي مجلس كان (فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وصَحْبِهِ وَسَلَّمَ فإنَّ النَّاسَ إذا اغْتَابُوكُمْ يَمْنَعُهُمْ الملك عَنْ ذالِكَ. وقال صلى الله عليه وسلم: إذا جَلَسْتُمْ مَجْلِسا) أي مجلس كان (فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ وَصَلَّى الله عَلَى سِيِّدِنا محمدٍ وَعَلى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم فإنَّ مَنْ فَعَلَ ذالكَ وَكَّلَ الله بِهِ مَلَكا يَمْنَعَهُمْ مِنَ الغَيبةِ حَتَّى لا يَغْتَابُوكُمْ).

Rosulullah SAW bersabda : ' ketika kalian sedang menghadiri suatu majlis/pertemuan, apapun pertemuan itu maka ucapkanlah Bismillahirrahmanirrahim wa sollallohu ala sayyidina Muhammadin wa ala Alihi Wasohbihi Wasallim ' maka ketika orang orang itu membicarakanmu dengan sembunyi-sembunyi maka para Malaikat akan mencegahnya,

Rosulullah SAW bersabda : ' ketika kalian sedang menghadiri suatu majlis/pertemuan, apapun pertemuan itu maka ucapkanlah Bismillahirrahmanirrahim wa sollallohu ala sayyidina Muhammadin wa ala Alihi Wasohbihi Wasallim ' maka ketika ada orang yang mau melakukan hal itu, Alloh akan mewakilkan / menjagakan malaikat kepadanya, Malaikat itu akan mencegah orang-orang yang akan mengatakan dengan sembunyi-sembunyi kepada kalian, sehingga mereka tidak akan mengatakan hal yang buruk kepada kalian.

وقد نظم بعض أهل العلم رضي الله عنه المسائل التي تسن التسمية فيها فقال:
وَتَسْمِيَةُ الرَّحْمانِ جَلَّ جَلالُهُ لَنَا شُرِعَتْ فَاحْرِصْ عَلَيْهَا وَأَوْصِلِ
كَذِي الأَكْلِ وَالشُّرْبِ اللَّذَيْنِ تَجَمَّلا وَغَسْلٍ بِها حَالَ الطُّهُورِ لِغَاسِلِ
وَعِنْدَ رُكُوبٍ جَازَ فِي الشَّرْعِ فِعْلُهُ عَلَى البَرِّ أو في البَحْرِ ثمَّ لِدَاخِلِ
إلى مَسْجِدٍ أو بَيْتِهِ وَلِلُبْسِهِ وَنَزْعٍ وَإغْلاَقٍ لِبَابِ المَنَازِلِ
وَإطْفَاءِ مِصْبَاحٍ وَوَطْءِ حَلِيلَةٍ لَهُ وَصُعُودِ مِنْبَرٍ خَيْرِ حَامِلِ
وَتَغْمِيضِ مَيْتٍ ثم في اللَّحْدِ جَعْله خُرُوجٍ مِنَ المَرِحَاضِ ثمَّ لِدَاخِلِ
وَعِنْدَ ابتداءٍ لِلطَّوَافِ بِكَعْبَةٍ لَهَا شَرَفُ الرَّحْمانُ تَشْرِيفَ عَادلِ
وَعِنْدَ وُضُوءٍ ثُمَّ عِنْدَ تَيَمُّمٍ وَنَحْرٍ فَوَاظِبْ كَالحَبِيبِ المُوَاصِلِ
وَبَعْدَ صَلاةِ الله ثمَّ سلاَمِهِ على المصطفى المختارِ خَيْرِ الأفاضِلِ.

Sebagian Ahli Ilmu Menadzomkan (saya simpulkan nadzom diatas) beberapa hal yang di anjurkan membaca Bismillah, di antaranya adalah ketika :

Makan atau Minum
Mandi
Memulai sebuah perjalanan darat ataupun laut
Masuk Masjid, rumah
Memakai atau melepas Pakaian
Menutup pintu
Mematikan Lampu
Bersetubuh dengan Istri
Naik ke atas Mimbar/panggung
Memandikan Mayyit
Akan melakukan towaf
AKan Wudlu , Tayammum
Setelah membaca Sholawat nabi
Setiap perbuatan yang mengandung Niatan dan Unsur Kebajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar